Deretan Makanan Khas Surabaya

Sebagai salah satu kota besar dan sentra industri di Indonesia, kota berlambangkan buaya dan ikan hiu ini banyak dijadikan tempat tujuan bagi banyak pelaku bisnis serta wisatawan. Bukan hanya pelaku bisnis dan wisatawan lokal saja, namun juga berasal dari mancanegara menjadikan kota Surabaya sebagai destinasinya. Berdasarkan hal tersebut tentunya membuat sektor bisnis di daerah Surabaya menjadi sangat berkembang, khusunya pada sektor kuliner. Banyaknya pengaruh pengunjung dari luar Surabaya membuat kuliner di Surabaya menjadi semakin beragam dan banyak pilihan. Berikut saya shafira ayunin nurmalinda akan membagikan beberapa makanan khas Surabaya yang sering dijumpai di kota Surabaya

1. Lontong Balap

 
IMG-20180405-WA0001

Sumber foto : resepmasakan.com

Lontong Balap merupakan makanan khas Surabaya yang sangat terkenal. Lontong balap terdiri dari sayur tauge atau biasa disebut oleh orang Surabaya kecambah, irisan tahu goreng, lontong, lento goreng, daun bawang, lalu di beri bumbu petis pedas dan disiram kuah yang gurih. Biasanya diberi tambahan sate kerang pedas. Lontong balap sangat nikmat bila dimakan saat masih panas. Di Surabaya pun tidak sulit untuk menemukan lontong balap, karena masih banyak yang menjajakan, baik kaki lima maupun rumah makan. Warung lontong balap yang terkenal di Surabaya adalah Lontong Balap Pak Gendut yang bisa ditemui di Jalan Prof. Dr. Moestopo (depan PDAM), ada juga cabang di Jalan Embong Malang No.38 dan di foodcourt Royal Plaza Stand MI-26A.

2. Rujak Cingur

IMG-20180405-WA0004.jpgSumber foto : travelingyuk.com

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas kota Surabaya juga. Rujak cingur terdiri dari irisan lontong, cingur atau hidung sapi, irisan tahu dan tempe goreng, sayur rebusan kangkung dan tauge, nanas, timun, timun kerahi, lalu di siram oleh bumbu petis uleg yang pedas dan kental. Biasanya dimakan bersama kerupuk lebih nikmat.

3. Lontong Kupang

IMG-20180405-WA0002.jpgSumber foto : travel.idntimes.com

Lontong kupang juga merupakan salah satu makanan khas Surabaya. Lontong kupang terdiri dari irisan lontong, kupang (kerang kecil-kecil), lento goreng kering, dan biasanya diberi tambahan sate kerang. Lalu diberi sambal petis dan disiram kuah panas yang gurih lalu diberi perasan jeruk nipis. Rasanya sangat segar, gurih dan nikmat. Lontong kupang biasanya banyak ditemukan di daerah kenjeran Surabaya. Biasanya teman makan lontong kupang paling nikmat adalah es kelapa muda.

4. Sego Sambel

IMG-20180405-WA0005

Sego sambel, juga merupakan makanan khas Surabaya yang banyak sekali ditemui di Surabaya. Nasi panas dengan berbagai macam pilihan lauk, mulai dari ikan lele, ikan pe, mujair, dorang, ayam, tahu, tempe, terong, telor, dll, yang di sajikan bersama sambal tomat yang pedas merupakan ciri khas dari sego sambel. Di Surabaya ada beberapa warung sego sambel yang terkenal, ada sego sambel Mak Yeye Wonokromo, sego sambel Mbak Noer Jagir, dll.

5. Bebek Goreng

IMG-20180405-WA0006Bebek Goreng ini juga banyak di jumpai di kota Surabaya. Bebek goreng biasa disajikan dengan nasi panas, bumbu kuning, dan sambal bajak yang pedas. Ada banyak warung bebek yang terkenal di Surabaya, mulai dari bebek goreng Tuguh Pahlawan, bebek goreng Purnama, bebek goreng palupi, bebek goreng Donald dan masih banyak lagi. Bebek goreng yang empuk, gurih, dan lembut dagingnya adalah ciri-ciri bebek goreng yang digemari oleh banyak orang.

6. Tahu tek

IMG-20180405-WA0003Sumber foto : foodgrapher.com

Tahu tek merupakan makanan yang sering dijumpai juga di Surabaya. Biasanya tahu tek mulai banyak dijumpi di malam hari. Makanan khas Surabaya selalu tidak jauh dari bahan dasar petis. Begitu pula dengan tahu tek, tahu tek berisi irisan lontong, irisan tahu goreng, irisan kentang, tauge, telur dadar goreng, lalu disiram menggunakan bumbu uleg berbahan dasar petis dan kacang yang pedas dan kental, lalu di beri taburan kerupuk sebagai tambahan. Tahu tek memiliki ciri khas dalam proses memasaknya, yaitu dengan cara menggunting bahan-bahan isian tahu tek dengan gunting, bukan dengan pisau. Warung tahu tek yang terkenal di Surabaya salah satunya adalah warung Tahu Tek Pak Jayen yang bisa anda temui di Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Mojo, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur.

Naah itu dia deretan makanan khas Surabaya yang sering dan banyak dijumpai di Surabaya dan tentunya lezat dan nikmat. Semoga bisa menjadi informasi yang baik untuk para pembaca dan bisa dijadikan destinasi kuliner untuk para pembaca yang ingin berkunjung ke Surabaya. Terimakasih.

 

 

2 pemikiran pada “Deretan Makanan Khas Surabaya

Tinggalkan komentar